Jumat, 17 Januari 2014

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata
Mata sehat adalah impian semua orang, jadi barilah kita sama sama untuk merawat dan menjaga  kesehatan mata kita seperti dengan tips menjaga kesehatan mata di bawah ini :

Cara Menjaga Kesehatan Mata 
Mata Sehat Ada yang bilang bahwa mata merupakan jendela hati. Tapi jangan tanya dimana pintunya. Semua pasti pernah mendengar peribahasa tersebut, tapi tidak semua orang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata. Menjaga kesehatan organ penglihatan yang satu ini sama pentingnya seperti menjaga kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan mata sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita bisa mulai dengan menghilangkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan barik yang dapat menyehatkan mata kita. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan mata kita.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Bersihkan Mata
Bersihkan daerah sekitar mata, terutama menjelang tidur. Penggunaan air rebusan daun sirih untuk membersihkan bagian dalam mata tidak disarankan karena belum memiliki pembuktian secara klinis.

2. Hindari kebiasaan mengucek mata
Jika mata Anda terasa gatal, jangan langsung buru-buru mengucek mata Anda. Tangan Anda belum tentu bersih, bisa saja mengandung kuman yang dapat menyakiti mata. Sebaiknya percikkan obat tetes mata atau air di mata Anda.

3. Perbanyak makan buah dan sayuran
Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

4. Lindungi Mata
Lindungi mata dari sinar ultraviolet dengan menggunakan kacamata hitam. Paparan sinar ultraviolet pada mata bisa mengakibatkan penyakit katarak, penurunan fungsi retina, dan kanker.

5. Istirahatkan mata Anda
Jika Anda terlalu lama menghadap komputer tentu mata Anda akan sakit. Jangan paksa mata Anda untuk terus-menerus bekerja. Istirahatkan mata selama beberapa menit untuk menghindari rasa sakit.

6. Kurangi penggunaan tetes mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

7. Lakukan tes mata secara teratur
Tidak ada salahnya untuk mendapatkan tes mata Anda secara teratur. Hal ini dapat membantu mendiagnosa dan mencegah kondisi mata seperti katarak , degenerasi makula dan glaukoma.

8. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang
Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

9. Ganti softlens secara teratur
Jika Anda menggunakan softlens, maka Anda harus menggantinya secara rutin. Anda tidak bisa memakainya selama setahun penuh. Selain itu jaga kebersihan softlens agar tidak menodai mata Anda.

10. Jangan membaca dalam cahaya redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

Makanan untuk Kesehatan Mata
Nah, tentu dengan menjaga kesehatan mata saja ituh belum cukup, anda juga harus memperhatikan makanan yang bisa merusakan organ tubuh salah satunya mata, jadi anda bisa menjaga kesehatan mata dengan mengatur makanan salah satunya makanan yang mengandung zat yang mampu menjaga kesehatan mata. Bukan cuma wortel, tapi masih banyak makanan lainnya. Nah, berikut ini beberapa jenis makanan yang baik dan dapat menyehatkan mata.
  1. Alpukat seringkali diremehkan dan dijauhi karena dianggap membuat gemuk. Padahal mengkonsumsi alpukat dapat menekan kolesterol dan membantu memerangi penyakit lainnya. Alpukat mengandung banyak lutein dan kaya akan vitamin E. Alpukat juga bisa meningkatkan kadar karotenoid pada makanan lain. Mengkonsumsi alpukat dengan bayam dan wortel tentu bisa meningkatkan kadar nutrisi yang bisa menyehatkan mata Anda.
  2. Wortel. Buah ini merupakan salah satu buah yang erat kaitannya dengan kesehatan mata. Ini dikarenakan, wortel mengandung beta karoten, vitamin A yang mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ mata anda.
  3. Bayam. Beberapa sayuran yang bewarna hijau khususnya bayam merupakan jenis makanan yang bagus untuk kesehatan mata. Ini dikarenakan, sayuran yang bewarna hijau merupakan sumber lutein dan zeaxathin yang berfungsi mencegah degenarasi makula serta katarak pada mata.
  4. Telur. Suka makan telur...???. Kuning telur ternyata memiliki kandungan lutein serta zeaxathin yang berfungsi untuk mencegah degenerasi makula atau penurunan daya lihat seseorang pada organ matanya.
  5. Buah-buahan. Buah-buahan yang dimaksud yaitu  yang merupakan sumber vitamin C seperti buah jeruk. Karena kandungan vitamin C pada buah tersebut dapat menghindarkan seseorang dari degenerasi makula dan bahkan katarak.
  6.  Aneka ikan laut. Ikan laut yang di maksud yaitu salmon serta sarden. Ini dikarenakan, kedua ikan tersebut kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat di butuhkan untuk menutrisi organ mata agar tetap sehat.
  7. Brokoli. Kandungan vitamin C dalam brokoli memberikan nutrisi yang sangat di butuhkan oleh organ penglihatan. Agar dapat berfungsi optimal untuk daya lihat seseorang yang lebih baik dan lebih jelas tentunya.
  8. Ubi jalar. Inilah salah satu makanan yang merupakan sumber vitamin C serta beta karoten. Kedua kandungan zat dari ubi jalar tersebut sangat baik untuk kesehatan organ penglihatan anda.
Oke, dengan adanya tips cara menjaga kesehatan mata di atas bisa bermanfaat buat anda yang membutuhkannya dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar